Ending

baca novel dan baca komik itu bisa dibilang salah satu hobi gua yang cukup bertahan lama. Entah karena gua seneng baca buku, atau gua “terserap” oleh cerita-cerita yang ditawarkan oleh si penulis dari buku-buku yang gua baca itu.

Selama ini, gua udah sering banget baca banyak buku. Ga sampe sebanyak 1 perpustakaan sih, tapi bisa dibilang gua cukup baca banyak. Satu hal yang selalu paling menyentuh dari suatu cerita adalah bagian ending atau penutup . Setiap cerita punya endingnya masing-masing, dan setiap penulis punya sentuhannya masing-masing untuk menciptakan ending dari suatu cerita. Juga tergantung keinginan penulislah mau menulis ending yang bagaimana. 

Karena banyak baca, berbagai macam ending cerita juga udah gua baca. Ada yang tokoh utamanya berakhir bahagia, ada juga yang endingnya sedih. Intinya, ending itu bisa bermacam-macam. Entah kenapa, bagian ending inilah yang paling sering menggugah perasaan. Bahkan ga jarang gua nangis kalo emang ending ceritanya itu bener-bener mengharukan. Ga jarang juga gua menemukan 1 lagi nilai kehidupan yang baik yang tertulis maupun tersirat dari ending sebuah cerita. Ga jarang juga ending itu gua baca berulang-ulang sampai-sampai gua tertarik untuk baca lagi rangkaian cerita itu dari awal sampai akhir.

Jadi, salut buat penulis yang bisa menyelesaikan rangkaian ceritanya dengan suatu ending yang fantastis, yang bisa membuat si pembaca tergugah emosinya oleh penutup cerita yang spektakuler ataupun yang sederhana tapi menyentuh. Bagi yang suka baca, semoga tiap ending dari bacaan yang kalian baca memiliki makna tersendiri bagi kalian, agar kalian tidak merasa dirugikan karena sudah membaca semua rangkaian cerita tersebut.

-axel ct-

Leave a Reply

