Dua-Puluh

Awalnya, gua ngerasa menjadi manusia yang berumur 20 tahun memang adalah suatu yang spesial. Mengapa? Alasannya sederhana, menyandang angka ‘2’ di umurmu menandakan suatu perubahan yang harusnya signifikan. Hal itu karena butuh 10 tahun untuk mengubah angka ‘1’ di umurmu menjadi ‘2’. Tapi ya se-signifikan apa, gua ga paham. Gua cuma paham bahwa udah saatnya menjadi dewasa dan lebih baik dari sebelumnya.

Seketika, gua tersadar. Gua tersadar betapa arti umur 20.

Coba, disini adakah yang tau girl-group “Fifth Harmony“? Ya… Setelah gua iseng mencari tahu tentang mereka, usia mereka rata-rata adalah 20 tahunan. DUA-PULUH-TAHUNAN. Jelas gua shock dengan penemuan ini. Hal ini karena mereka sudah cukup terkenal dan mendunia di umur dua puluh tahunannya itu. Terkenalnya karena apa? Mungkin karena suaranya yang khas nan merdu. Atau mungkin karena lagu-lagunya yang cukup eksis diputar di radio-radio. Ah, tapi intinya mereka sudah melakukan sesuatu di umur 20nya mereka.

Coba lihat pemain bola seperti Calum Chambers, Gianluigi Donnarumma, dan Renato Sanches. Di umur 20nya, mereka sudah menjadi pemain sepak bola yang terkenal. Bahkan beberapa dari mereka usianya masih dibawah 20 tahun. Mereka membela tim-tim terkenal seperti Arsenal (Chambers), AC Milan (Donnarumma), dan Bayern Muenchen (Renato Sanches). Intinya, mereka sudah melakukan sesuatu di umur 20nya mereka.

Masih banyak contoh-contoh lainnya, contoh-contoh yang membuat hati kecil saya terus bertanya pada diri saya, “udah ngapain aja lu dibanding sama mereka?”

Kembali saya terdiam. Saya merasa jadi manusia yang kecil dibanding contoh-contoh tadi. Saya merasa belum berbuat banyak dibandingkan orang-orang yang tadi saya contohkan diatas. Akhirnya, sampailah saya ke tahap mempertanyakan saya dengan cara menulis di blog ini.

Sungguh, saya belum jadi apa-apa. Karena pepatah diatas langit masih ada langit bukan hanya sekadar pepatah, melainkan kenyataan.

*maaf ya sumber linknya wikipedia, soalnya demi kemudahan untuk dipahami poin-poinnya hehe makasih!

-axel ct-

Leave a Reply

